Diskusi Publik “90 Tahun Perjuangan Perempuan Indonesia Menjadi Ibu Bangsa Sejati Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Jaya”, Kongres Wanita Indonesia (Kowani) diselenggarakan di ruang Kartini kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Rabu (11/7/2018) dan dihadiri kurang lebih 250 peserta dari pengurus dan organisasi anggota Kowani

Diskusi publik yang menghadirkan Dra. Sjamsiah Ahmad MA, Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd. dan Prof. Dr. R. Siti Zuhro MA sebagai narasumber ini diselenggarakan untuk mengoptimalkan kegiatan Temu Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 September 2018 di Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta. Temu Nasional ini merupakan kegiatan Kowani untuk memposisikan diri sebagai bagian integral dari program dunia.

Temu Nasional akan dihadiri 1000 perempuan dari organisasi yang tergabung di Kowani, BKOW, GOW dan organisasi lainnya dari seluruh Indonesia dan rencana akan dibuka oleh Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan RI.

Dengan motto “Kowani Berdaya – Perempuan Berkarya – Negara Jaya”, Kowani akan membahas bagaimana perjuangan perempuan indonesia dari awal pergerakan mengisi kemerdekaan hingga waktu yang akan datang; bagaimana perempuan indonesia menjadikan dirinya sebagai Ibu bangsa yang sejati dan bagaimana peran pentingnya dalam mewujudkan indonesia jaya.

KOWANI yang merupakan federasi organisasi wanita tertua dan terbesar di Indonesia yang sekarang memiliki 95 organisasi wanita di tingkat pusat. KOWANI didirikan melalui Kongres perempuan pertama pada tanggal 22 Desember 1928 oleh Perempuan Indonesia untuk membantu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Tanggal tersebut sekarang ditetapkan sebagai “HARI IBU” di Indonesia.

Pada tahun 1935, Kongres menghasilkan keputusan bahwa wanita Indonesia wajib menjadi IBU BANGSA yang mengutamakan peran wanita dalam mempersiapkan generasi penerus yang sehat jasmani dan rohani, jujur, rajin, berkarakter, cakap, pintar, berpengetahuan, tahan uji, kreatif, inovatif, unggul dan berdaya saing, berwawasan luas dan memiliki wawasan kebangsaan yang militan tak mudah menyerah, kokoh tergoyahkan dan membanggakan untuk Indonesia. Saat ini, KOWANI yang menangani sejumlah masalah untuk mengevaluasi potensi dan mengembangkan wanita dan anak-anak Indonesia.

Secara keseluruhan, action utama KOWANI adalah memperjuangkan hak dan kesetaraan perempuan dibidang-bidang seperti Pendidikan, perekonomian, kesehatan, hukum dan lingkungan hidup, KOWANI juga bergerak aktif dalam lingkup Internasional, KOWANI mengambil Peran Utama di tingkat Internasional untuk Mendorong dan mengembangkan potensinya untuk berpartisipasi aktif dalam forum regional dan internasional dengan bergabung pada organisasi ICW, ACWO dan pengakuan yang diterima dari badan PBB UN-ECOSOC

sumber: kowani

Last modified on Senin, 12 Agustus 2019

Leave a comment