Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, MP.d., sebagai salah satu Wakil Presiden dari International Council of Women (ICW) berada diantara Presiden European Center of International Council of Women (ECICW), Cosima Schenk dan Ketua National Council of Women Ukraine, Lyudmyla Porokhnyak. Kemudian juga Presiden International Council of Women (ICW), Jungsook Kim (Ed. D).

Ukraina, innews.co.id – Saat ini, perempuan Indonesia sudah semakin maju dan berkembang. Program pemberdayaan terus berjalan simultan. Selain itu, berbagai perundang-undangan yang melindungi kaum perempuan juga berhasil digolkan.

Hal ini secara gamblang disampaikan DR. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., dalam General Assembly European Conference of International Council of Woman(EC ICW) di Kiev dan Chernihiv, Ukraina, (19-24 Mei 2019).

Saat dihubungi dari Jakarta, Giwo Rubianto mengakui agenda kegiatan EC ICW cukup padat, namun menarik

 

Salah satu pembahasan yang menarik dalam seminar dan diskusi, kata Giwo, adalah pembahasan tentang kekerasan dan perbudakan terhadap perempuan.

“Dibahas juga mengenai anak perempuan yang dinikahkan usia muda dengan orang yangg berduit,” kata Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) sekaligus Vice President ICW ini.

Giwo menerangkan, dalam pertemuan tersebut, selain pemilihan dari board members EC ICW juga dilakukan peringatan 100 tahun perjuangan pergerakan perempuan dari NCW of Ukraine (Kowaninya Ukraina).

 

Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., (kiri) bersama President ICW asal Korea (ke-2 dari kiri)

Dibahas pula sejumlah permasalahan yang dihadapi oleh perempuan di Ukraina, dimana setelah revolusi dan kemerdekaan, mereka hidup penuh perjuangan untuk menghidupi anak anaknya yang ditinggalkan oleh suaminya karena menjadi korban peperangan.

Selain itu, banyak perempuan di Ukraina yang tidak paham dengan hak perlindungannya sebagai perempuan. Disamping pemerintahnya juga belum paham tentang perspektif kesetaraan gender. (RN)

Sumber link: http://innews.co.id/kemajuan-perempuan-indonesia-ditampilkan-ketum-kowani-di-pertemuan-ec-icw/

 

Last modified on Minggu, 11 Agustus 2019

Leave a comment